SCM

Wednesday 22 January 2020

Analisis Website E-Goverment Provinsi NAD, Kota Langsa dan Kota Banda Aceh

ANALISIS E-GOVERNMENT
“Website E-Governmant Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Dengan
Kabupaten Langsa dan Banda Aceh” 
Kelompok 1 :
o Arya Putra Adiwidya (11116123)
o M Ricky Apriansyah (14116184 )
o Muhamad Ranggana (14116620)
o Muhammad Adli Nur Sofyan (14116672)
o Royhan (16116696)
o Rusmi Septriyardi (16116714)


Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas Gunadarma
Depok
2019/2020

Bobot nilai Setiap Kategori x Jumlah Total, lalu dijumlahkan setiap Unit Analisis.

HASIL ANALISA NILAI BOBOT UNIT ANALISIS DAN KATEGORINYA

Pada website kabupaten Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kota Langsa dan Banda Aceh memiliki kelebihan masing-masing pada Informasi Menu Utama dalam website. Namun, di antara website tersebut yang paling lengkap adalah Informasi Menu Utama dalam website Banda Aceh.
Pada website kabupaten Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kota Langsa dan Banda Aceh  memiliki kelebihan masing-masing pada Informasi tambahan dalam fasilitas website Tahap 1-3 yang paling lengkap adalah pada Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Dan yang lebih lengkap adalah Kota Banda Aceh.
Pada website kabupaten Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kota Langsa dan Banda Aceh memiliki kelebihan masing-masing pada menu Penyediaan Hubungan, paling lengkap pada website Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan lebih lengkap pada Kota Banda Aceh.
Pada website kabupaten Provinsi Sumatra utara, Kota Padangsidumpuan dan Samosir memiliki kelebihan masing-masing pada Aksesibilitas yang paling lengkap ada pada kedua website, yaitu website Kota Banda Aceh dan website Kota Langsa tersebut dengan bobot nilai akhir 100.
Pada website kabupaten Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kota Langsa dan Banda Aceh memiliki kelebihan masing-masing pada Design yang paling lengkap ada pada website Kota Banda Aceh. Namun lebih lengkap pada website Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Pada website kabupaten Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kota Langsa dan Banda Aceh memiliki kelebihan masing-masing pada menu Jumlah tingkatan Informasi yang palimg lengkap ada pada website Kota Langsa dan yang lebih lengkap pada website Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Nilai pada tabel di atas kami nilai berdasarkan hasil peniliaian kami dari 3 web yang dikalikan dengan bobot. Dan hasil keseluruhan yang paling lengkap adalah website dari Kabupaten Banda Aceh dengan Nilai Total 69,8. 

TABLE ANALISIS
berdasarkan panduan dari KOMINFO (2003), isi minimal pada setiap situs web pemerintahan daerah.

Analisis:
            Analisis dari tabel terakhir yaitu yang pertama mengenai Selayang Pandang dari ketiga website: dari ketiga website terdapat sejarah mengenai daerah tentang web tersebut. Mottot di dalam web hanya terdapat pada provinsi NAD dan kabupaten Langsa. Lambang terdapat pada ketiga web. Arti lambang terdapat pada web provinsi NAD dan kabupaten Langsa. Lokasi dalam bentuk peta hanya terdapat pada web provinsi NAD. Visi dan misi terdapat pada ketiga web.
            Mengenai Pemerintahan Daerah pada ketiga web: Kategori eksekutif tidak terdapat pada ketiga web. Tentang Legislatif juga tidak terdapat pada ketiga web. Tentang nama, alamat, telepon, e-mail dari pejabat daerah hanya terdapat pada web kabupaten Banda Aceh. Dan biodata dari pimpinan daerah hanya terdapat pada web provinsi NAD.
            Mengenai Geografi: Topografi hanya terdapat pada web provinsi NAD. Demografi terdapat pada web provinsi NAD dan kabupaten Banda Aceh. Cuaca dan iklam tidak terdapat pada ketiga web. Sosial dan ekonomi terdapat pada web provinsi NAD dan kabupaten Langsa. Budaya dari daerah bersangkutan hanya terdapat pada provinsi NAD. Dan ada informasi berupa numeris / statistik dan harus mencantumkan nama instansi dari sumber datanya hanya terdapat pada web provinsi NAD.
            Mengenai peta wilayah dan sumberdaya: peta wilayah hanya terdapat pada web provinsi NAD. Bentuk peta sumberdaya tidak terdapat pada ketiga web. Mengenai Peraturan/Kebijakan Daerah: Peraturan Daerah (Perda) yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah bersangkutan hanya terdapat pada web provinsi NAD.
            Dan yang terakhir mengenai Buku Tamu: Buku Tamu hanya terdapat pada web NAD. Jadi dari analisis yang terdapat bahwa ketiga web belum lengkap memenuhi syarat-syarat dari kategori web Pemerintah. Ketiga web harus mengupdate web mereka masing-masing sehingga memenuhi syarat-syarat yang dianjurkan.

No comments:

Post a Comment